Selasa, 09 Juni 2015

Pemahaman Air

 Air adalah zat atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahuisamapi saat ini dibumi, tetapi tidak diplanet lain. Air menutup hampir 7% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil) tersedia dibumi. Air sebagian besar terdapat dilaut (air asin) dan pada lapisan –lapisan es (dikutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, danau, uap air, dan lautan es.  Air juga dapat berwujud padatan seperti (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air adalah satu-satunya zat yang secara alami terdapat dipermukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.
            Air bagi kehidupan tumbuhan, air sangat berperan penting dalam tumbuhan karena dengan perkembangan tumbuhan yang dipengaruhi kebagusan tanah ,air, dan matahari. tanah yang memiliki kelembapan yang bagus disertakan dengan aliran air yang selalu membasahi tanah makan tumbunhan akan berkembang secara baik, ditambah dengan matahari yang dapat membuat tanah kering sehingga tanah tidak selalu basah.
            Air bagi kehidupan manusia, air merupan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selama itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi dan membersihkan kotoran yang ada disekitar rumah. Volume air dalam  tubuh manusia rata-rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang.
            Beberapa organ tubuh manusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%. Setiap hari kurang lebih 2,272 liter darah dibersihkan oleh ginjal dan sekitar 2,3 liter diproduksi menjadi urine. Selebihnya diserap kembali masuk ke aliran darah. Volume rata-rata kebutuhan air setiap individu per hari berkisar antara 150-200 liter atau 35-40 galon.

            Sangat terbayang oleh kita jika tidak minum air dalam sehari, ginjal akan sakit dan akan timbul radang ginjal yang sangat berbahaya, dari radang ginjal tersebut maka akan timbul penyakit lain seperti penyakit ginjal, radang tenggorokan dan lainnya. Maka kita harus bisa mebuat diri kita sehat. minumlah air putih minimal 8 gelas 1 hari agar ginjal sehat dan seluruh organ lainnya baik tidak ada penyakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar